nasehat Umar ra.

nasehat Umar ra.

Minggu, 19 Juni 2011

Agar Perbedaan Tak Jadi Bencana

Pebedaan itu wajar, jika dikombinasikan dengan baik akan menghasilkan keindahan luar biasa. Namun juga seperti pedang yang memiliki potensi konflik yang mampu memicu pertengkaran. Perbedaan pria dan wanita akan terus melekat. untuk berkomunikasi dengan baik dan menjaga hubungan tetap harmonis,,entah itu kakak,adik, saudara, teman, sahabat sejati bahkan suami atau istri yaitu dengan saling mendukung, menghargai, dan memahami satu sama lain. Diperlukan proses belajar terus-menerus untuk pemahaman perbedaan tersebut. secara garis besar, Allah telah menciptakan makhluk yang paaling sempurna yaitu manusia. dan jenis manusia ada 2 yaitu kaum mars atau kaum pria dan kaum venus atau kaum wanita.

Pria mengatakan, bahwa perempuan adalah makhluk yang sulit di mengerti, begitu juga sebaliknya para wanita juga selalu merasa tak mampu memahami kaum pria. untuk itu, mari kita simak dimana letak perbedaan itu kemudian dipadukan menjadi sebuah hubungan yang sakinah, mawadah warohmah.

1. Pria sering tidak mau mendengar, bersikap dingin,
2. Wanita selalu ada yang membuat perasaanya tidak nyaman dari sikap pria
3. pria menghargai keterampilan,memecahkan masalah sendiri, tidak membicarakan kecuali pada ahlinya, mengutamakan cara untuk membuktikan sehingga pantang meminta tolong pada orang lain
4. wanita menghargai cinta, hubungan,selalu mendukung, suka menolong, melayani, selalu ingin berbagi sehingga tidak enggan jika memang membutuhkan pertolongan
5. pria kemampuan mendengarkan yang kurang sehingga cennderung berusaha menyelesaikan masalah daripada mendengarkan perasaan padahal wanita sering kali berbicara masalah-masalahnya hanya untuk didengarkan sampai tuntas
6. wanita selalu memberi nasehat bagi pasangannya /pria karena meminta tolong dan mendapatkan nasehat bukan hal yang terlarang namun pria merasa tidak dihargai dan diterima, yang diperlukan pria adalah dukungan untuk memotivasi mereka kaum pria

solusi /saran untuk pria : berusaha mendengarkan keluhan wanita tanpa menawarkan  solusi karena denganbercerita akan menjalin keakraban. Menghargai wanita dengan tidak mengomentari" jangan kesal / marah dengan sesuatu ". Dengan demikian wanita akan merasa lebih lega. Apabila sudah lega, barulah menawarkan solusi. Menyela atau cuek ketika wanita sedang ingin mencurahkan perasaan hatinya akan mematahkan perasaan wanita. Yang dibutuhkan wanita adalah empati dan perhatian dari kaum pria, bukan banyaknya solusi. Kebutuhan wanita yang mendasar dan alat motivasi utama hanyalah perhatian, oleh karena itu wanita akan bahagia.  

solusi / saran untuk wanita : jika melihat pria menghadapi maslah atau melihat sesuattu yang salah, tahan keinginan untuk memberikan nasehat, memberi dukungan tanpa ikut campur terlalu jauh (kecuali diminta). Cara memberi motivasi bagi pria adlah dengan kata-kata meminta pertolongannya. karena pria selalu ingin melindungi wanitanya. Jika melihat sesuatu yang salah dalam diri pria, membahas masalhanya dilain waktu sehingga pria merasa tidak diserang. Penghargaan wanita adalah cara terbaik untuk memotivasi pria.

Saat menghadapi masalah pria lebih suka menyendiri dan menarik diri sehingga biasanya tidak tanggap dalam hubunganya dan menjauh.  Seringkali tidak sadar bahwa kaum wanita membicarakan masalah hanya untuk merasa"lega/enak", pria tidak tahu kalau wanita akan menghargainya jika pria mendengarkan perasaannya, pria menganggap kemarahan wanita sebagai keslahan dirinya atau menganggpa bahwa wanita sedang mencari solusi( tidak demikian, padahal wanita hanya butuh didengarkan) dan pria berbicara  berdasarkan apa yang penting untuk dibicarakan.

Sedangkan wanita saat menghadapi masalah, wanita perlu untuk membicarakannya, secara acak dan membingungkan. makin banyak bicara makin baik perasaan mereka kaum wanita, dan wanita berbicara untuk mengungkapkan persaaannya.

Kebutuhan Primer sebelum kebutuhan cinta2 yang lain ;
1. wanita butuh perhatian, pria butuh kepercayaan
2. wanita butuh pengertian, pria butuh penerimaan
3. wanita butuh rasa hormat, pria butuh penghargaan
4. wanita butuh kesetiaan, pria butuh kekaguman
5. wanita butuh penegasan, pria butuh persetujuan
6. wanita butuh jaminan, pria butuh dorongan

5 cara memahami pria dengan lebihbaik :
> bersabar dengan memorinya
>mereka bukan pembaca bahasa tubuh / pikiran
>tidak berbicara seperti gaya anda para wanita
>menghargai sikap pria yang cenderung semangat
>tidak mengingat detail dari kejadian masalalu

(sumber informasi: Men are  From Mars, Women from Venus, John Gray,Phd)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar